728x90 AdSpace

Latest News
Minggu, 31 Juli 2016

Haruskah Menjawab Ketika Imam Membaca Nama Nabi?

Assalamualaikum Ust
Tanya. Ketika nama Nabi dan rasul disebut…maka kita mesti menjawab “Alaihissalam” kecuali Nama nabi Muhammad maka kita mesti menjawab ” Salallahu’alaiwasallam”.

Nah lebih lanjut….pada satu waktu ketika sedang solat berjamaah sang imam membaca surah Al a’la ,diakhir surah ayat ke 19 disebut 2 nama Nabi yakni “Ibrohiima wa Musa” . selaku makmum apakah kita mesti menjawab “alaihissalam” atau diam saja ???

Ust. Wahyudi abdurrahim, Lc:

Wa’alaikum salam
Terkait nabi selain Muhammad SAW maka benar dengan sebutan alaihissalam saja mengikuti firman Allah berikut:

” سبحان ربك رب العزة عما يصفون وسلام على المرسلين والحمد لله رب العالمين “
Kata “وسلام على المرسلين ” (Salam untuk para rasul) menjadi landasan sebutan “alaihissalam” utk para rasul.

Sementara untuk nabi Muhammad saw berdasarkan firman Allah berikut:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا))[الأحزاب:56]
Kata صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا menjadi landasan “shallallahu alaihi wa sallam”.

Terkait untuk shalat apakah harus membaca maka untuk shalat hanya bilang Amin ketika imam baca waladhallin. Selebihnya tidak baca apapun.

Dalilnya sebagai berikut:

إِذَا أَمَّنَ الإِمَامُ فَأَمِّنُوا فَإِنَّهُ مَنْ وَافَقَ تَأْمِينُهُ تَأْمِينَ الْمَلاَئِكَةِ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Apabila imam mengucapkan ‘âmîn’ maka ucapkanlah ‘âmîn’, karena siapa yang ucapan âmînnya bersamaan dengan ucapan âmîn para malaikat maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.[HR. Bukhari).

Tidak ada dalil waktu shalat baca selain Amin di belakang imam. Padahal shalat ada tuntunannya dan harus ikut nabi serta tidak boleh berkreasi. Dalilnya sebagai berikut

صَلُّوْا كَمَا رَأَيْتُمُوْنِيْ أُصَلِّي

Shalatlah kamu sebagaimana kamu melihat aku shalat (HR. Muslim)

Wallahu alam

penulis : daraja


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Haruskah Menjawab Ketika Imam Membaca Nama Nabi? Rating: 5 Reviewed By: Almaidah Online