728x90 AdSpace

Latest News
Minggu, 07 Agustus 2016

Masjid, Tempat Bersujud Multidimensional

SundaPos.Com | Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nurwahid memiliki pemaknaan tersendiri soal masjid. Sesuai dengan akar katanya, masjid adalah tempat sujud. Tempat sujud, bagi Hidayat, adalah tempat untuk merunduk dan menghadirkan ketakwaan. Logika manusia sujud pada Allah di tempat suci ini.

“Di masjid, orang tidak ‘semau gue’. Jika logikanya tidak sujud pada Allah, maka akan muncul paham-paham menyimpang seperti kapitalisme, liberalisme, separatisme, dan lain sebagainya.” katanya saat berbicara pada Seminar “Peran Masjid dalam Membentengi Umat dari Pemikiran Menyimpang”, di Masjid Agung Al-Azhar.

Dia berpendapat, masjid idealnya memiliki tiga elemen, yakni agama; budaya; dan ilmu. Perpaduan tiga elemen ini mengantarkan  persatuan dan kesatuan umat muslim Indonesia dapat terjalin dalam wadah keislaman yang berlandaskan kelimuan tersebut.

“Tidak ada sesuatu yang bisa diselesaikan secara sempurna oleh manusia. Hanya Allah yang bisa,” katanya.

“Namun, Anda bisa mengerjakannya mendekati kesempurnaan. AlQuran-lah yang menjadi patokan kesempurnaan itu,” imbuhnya. (R)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Masjid, Tempat Bersujud Multidimensional Rating: 5 Reviewed By: Almaidah Online