728x90 AdSpace

Latest News
Minggu, 28 Agustus 2016

Pesan SBY pada Jokowi: Negara tidak Boleh Terlalu Kapitalistik

SundaPos.Com | Imam Besar Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono kembali mengingatkan agar supaya masyarakat Indonesia tak meninggalkan nilai-nilai agama dan budaya di tengah pembangunan ekonomi.

Pesan Presiden keenam RI ini disampaikan SBY guna menyikapi pembangunan ekonomi di Indonesia dalam sebuah orasi ilmiah pada acara Wisuda XV Universitas Al Azhar Indonesia (UAI), pada Sabtu (27/8).

Meski tidak secara khusus menyebutkan nama, namun suasana kebatinan itu ditujukan kepada Jokowi dan kabinet kerja saat ini yang terus memberi kelonggaran pada kaum pemodal dan pengusaha China di Indonesia.

"Ada dua hal besar itu (agama dan budaya) yang menurut saya diperlukan bangsa kita, konsep dan model ekonomi yang tepat, tidak boleh terlalu kapitalistik, tidak boleh berorientasi pada pasar, tetapi mendayagunakan yang kita miliki dengan baik, seimbang, tetap menjaga keadilan dan kelestarian lingkungan," ‎katanya ketika memberikan orasi ilmiah dengan tema 'Membangun Ekonomi Indonesia Berbasis Benua Maritim‎ serta Nilai-nilai Agama dan Budaya' di Auditorium Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

SBY mengakui masyarakat sedang mengalami degradasi moral. Itu pun satu penyebab dari arah pembangunan ekonomi yang kapitalistik.

Dia menambahkan, dunia Islam saat ini sedang mengalami ujian besar lantaran negara Islam dilanda konflik yang berkepanjangan.

Pada bagian lain, SBY berharap Indonesia mampu menularkan pesan perdamaian di negara-negara tersebut.

"Dunia Islam sedang mengalami ujian di banyak tempat, di Timur Tengah, Afrika Utara, saya harap Indonesia tampil sebagai Islam yang menjadi model bahwa kita bisa kok toleran satu sama lain," tegasnya. (r087)


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Pesan SBY pada Jokowi: Negara tidak Boleh Terlalu Kapitalistik Rating: 5 Reviewed By: Almaidah Online