728x90 AdSpace

Latest News
Sabtu, 17 September 2016

Daker Makkah Sita Koper Jamaah Haji yang Simpan Air Zam Zam

SundaPos.Com | Kepala Daker Makkah Arsyad Hidayat mengatakan bahwa hasil pemeriksaan koper jemaah haji di bandara, ditemukan tiga koper yang menyimpan air zamzam. Ketiga koper itu akhirnya dibongkar untuk dikeluarkan air zamzamnya.

"Di hari pertama penimbangan, koper langsung dikirim ke bandara. Kami mendapatkan kabar dari Jeddah bahwa ada 3 tas yang didalamnya ada air zamzam dan itu sudah kita bongkar untuk dikeluarkan," demikian penjelasan Arsyad Hidayat usai memantau pemulangan jemaah haji kloter 01 Embarkasi Banjarmasin (BDJ 01) di Mifalah-Makkah, Sabtu (17/09).

Menurut Arsyad, semua koper harus steril dari barang terlarang dalam penerbangan, termasuk air Zamzam. Arsyad berharap jumlah tiga koper ini menunjukan mayoritas jemaah sudah memiliki kesadaran tentang larangan menyimpan air Zamzam.

"Sosialisasi yang kita lakukan selama ini efektif. Mudah-mudahan ke depan sama," harapnya.

Arsyad mengingatkan, adanya air Zamzam atau barang terlarang di tas koper jemaah bisa menyebabkan delay pesawat yang akan berefek pada penerbangan selanjutnya. Selain itu, dimungkinkan juga jemaah pulang tanpa membawa tas koper karena otoritas bandara memutuskan untuk tidak membawanya.

"Kami tidak menginginkan kondisi ini. Karenanya, mohon bantuan seluruh jemaah haji agar kondisi awal yang sudah baik ini bisa dipertahankan," ujarnya.

Dijumpai saat akan pulang ke Tanah Air, Ketua Kloter 1 Embarkasi Banjarmasin (BDJ 01) Syahdi Hidayat mengaku setelah mendapat arahan dari Kepala Daker dan Kepala Sektor terkait larangan barang bawaan, pihaknya langsung mensosialisasikan hal itu kepada jemaah. Tidak hanya soal larangan yag disosialisasikan, tetapi juga terkait risiko jika melanggar.

"Kita sampaikan, jika larangan dilanggar, maka risiko yang terjadi menjadi tanggung jawab jemaah dan jika barangnya tidak dibawa, panitia di sini tidak bertanggung jawab," tandasnya sembari berharap jemaah haji Indonesia akan patuh dan taat teradap aturan ini. (pinmas/Rel)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Daker Makkah Sita Koper Jamaah Haji yang Simpan Air Zam Zam Rating: 5 Reviewed By: Almaidah Online