Muhammadiyah Pertanyakan Pertemuan "Haram" Hakim MK dengan Presiden

haram



SundaPos.Com |
Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Busyro Muqoddas mempertanyakan pertemuan Presiden Joko Widodo dengan dua hakim Mahkamah Konstitusi, Arief Hidayat dan Anwar Usman, di Istana pada Kamis (1/9/2016) lalu.

Ia menilai, pertemuan kedua belah pihak tidak tepat di tengah proses judicial review Undang-Undang Pengampunan Pajak atau Tax Amnesty yang sedang berjalan di MK.

“Presiden punya kepentingan agar Tax Amnesty ini bisa berjalan. Dengan posisi tersebut, harusnya Presiden menghindari berhubungan dengan hakim MK,” kata Busyro saat dihubungi Sang Pencerah.

Busyro mengatakan, UU Tax Amnesty adalah UU yang sangat dibutuhkan pemerintah untuk menggenjot penghasilan dari pajak.

Sejak awal, kata dia, pembahasan UU ini juga dipaksakan di DPR dengan melakukan berbagai cara.

“Bahkan dengan mencoba membarter dengan revisi Undang-undang KPK,” kata mantan Wakil Ketua KPK ini.

Menurut Busyro, bukan tidak mungkin saat ini berbagai cara akan dilakukan untuk menggagalkan gugatan Tax Amnesty di Mahkamah Konstitusi yang diajukan oleh PP Muhammadiyah dan sejumlah pihak lainnya.

Busyro juga meminta pemerintah konsisten dengan pernyataannya bahwa proses gugatan Tax Amnesty ini tidak diintervensi.

“Presiden kan mengatakan perkara judicial review ini sepenuhnya tergantung MK. Nah kalau sepenuhnya, jangan bertemu. Perkara sedang berjalan kok bertemu. Itu kurang elok dari sisi etika kedua belah pihak,” kata Busyro.

Ketua MK Arief Hidayat dan Wakil Ketua MK Anwar Usman sebelumnya menampik kedatangan mereka ke Istana adalah dalam rangka membahas permohonan uji materi UU Tax Amnesty.

Menurut Anwar, yang menjadi majelis hakim sidang gugatan UU Tax Amnesty, pertemuannya dengan Presiden Jokowi itu adalah untuk melaporkan hasil Kongres Mahkamah Konstitusi di Bali, beberapa waktu lalu.

“Menyampaikan hasil kongres MK di Bali. Sudah, itu saja ya,” ujar Usman usai bertemu Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (1/9/2016)

Presiden Tak Boleh Panggil MK, Haram Hukumnya

Sebelumnya, Mantan Ketua MK-RI 2008-2013 Mahfud MD menyatakan Presiden tak boleh memanggil MK, haram hukumnya

"Itu hal yang dilarang, baik oleh hukum maupun oleh etika," kata Mahfud.

Selama memimpin MK, imbuh Mahfud,  saya tak pernah dipanggil oleh Presiden atau menghadap Presiden untuk membicarakan perkara. Itu haram hukumnya. Presiden SBY dan saya sama-sama tahu bahwa kami tidak boleh membicarakan perkara di luar sidang resmi MK yang terbuka untuk umum.

"Menurut hukum, Presiden tidak boleh memanggil Ketua MK, tetapi Ketua MK boleh memanggil Presiden untuk hadir di persidangan," jelasnya.

(sp/sinar rakyat)







COMMENTS

BLOGGER
Name

ADA-ADA SAJA,3,Advetorial,1,AKHBAR,49,Almaidah,6,ar,1,BISNIS,33,BUAH HATI,43,EKUIN SYARIAH,13,ENTERTAINMENT,4,FEATURES,103,FOKUS UTAMA,125,INFO KAJIAN,39,INTERNASIONAL,23,KRIMINAL,66,Olah Raga,13,Pemasangan Gorong-gorong Gunakan Alat Berat,2,PENDIDIKAN,28,Penista Agama,3,PERISTIWA,79,PERSIB MANIA,19,PESANTREN,17,PILKADA DKI,26,PILKADA JABAR,37,POLITIK,83,SINAR RAKYAT,11,SUNDA POS,305,TATAR PASUNDAN,95,TOKOH KITA,16,TOKOH ULAMA,64,UMMAHAT,31,UMROH HAJI,16,WISATA RELIGI,23,ZAKAT,10,ZONA TNI,318,
ltr
item
SUNDA POS: Muhammadiyah Pertanyakan Pertemuan "Haram" Hakim MK dengan Presiden
Muhammadiyah Pertanyakan Pertemuan "Haram" Hakim MK dengan Presiden
haram
https://4.bp.blogspot.com/-K4gDDwQ-elc/V8v1IHEYgaI/AAAAAAAAArs/xLiWqnK5-gM959P5orFj9CzLSZdZEjvhgCLcB/s640/Busyro-Muqoddas.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-K4gDDwQ-elc/V8v1IHEYgaI/AAAAAAAAArs/xLiWqnK5-gM959P5orFj9CzLSZdZEjvhgCLcB/s72-c/Busyro-Muqoddas.jpg
SUNDA POS
http://www.sundapos.com/2016/09/muhammadiyah-pertanyakan-pertemuan.html
http://www.sundapos.com/
http://www.sundapos.com/
http://www.sundapos.com/2016/09/muhammadiyah-pertanyakan-pertemuan.html
true
6391836852871245365
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy