728x90 AdSpace

Latest News
Minggu, 02 Oktober 2016

Muhasabah Diri

Imam Hasan Al-Basri, mengatakan, ''Wahai anak Adam, sesungguhnya engkau bagian dari hari, apabila satu hari berlalu, maka berlalu pulalah sebagian hidupmu.''

Karena itu, di waktu pergantian tahun diharapkan kita manfaatkannya untuk mengevaluasi (muhasabah) diri. Memperbaiki kesalahan-kesalahan, berhijrah dengan meninggalkan hal-hal buruk, serta mempersiapkan diri untuk meraih rahmat, ampunan dan ridha Allah.

Allah SWT berfirman, ''Wahai orang-orang beriman bertakwalah kalian kepada Allah, dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah disiapkan untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa-apa yang kalian kerjakan.'' (QS 59: 18).

Sayyidina Umar bin Khathab menyatakan, ''Hitunglah diri kalian sebelum kalian dihitung. Timbanglah amal-amal kalian sebelum ditimbang. Bersiaplah untuk menghadapi hari yang amat dahsyat. Pada hari itu segala sesuatu yang ada pada diri kalian menjadi jelas, tidak ada yang tersembunyi.''

Rasulullah SAW bersabda, ''Tidaklah melangkah kaki seorang anak Adam di hari kiamat sebelum ditanyakan kepadanya empat perkara: tentang umurnya untuk apa dihabiskan, tentang masa mudanya untuk apa digunakan, tentang hartanya dari mana diperoleh dan ke mana dihabiskan, dan tentang ilmunya untuk apa dimanfaatkan.'' (HR Tirmidzi).

Terkait dengan usia, Rasulullah SAW menjelaskan, ''Sebaik-baik manusia adalah yang panjang umurnya dan baik amal perbuatannya, sedangkan seburuk-buruk manusia adalah yang panjang umurnya tetapi buruk amal perbuatannya.'' (HR Tirmidzi).

Semoga bermanfaat!

(Tasawuf Underground)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Muhasabah Diri Rating: 5 Reviewed By: Almaidah Online