728x90 AdSpace

Latest News
Thursday, November 17, 2016

Situasi Saat Ini Rakyat Indonesia Ada di Gerbang Perubahan

Oleh Gde Siriana (Institut Kepemimpinan Soekarno)*

Mengamati proses politik dan hukum dalam kasus penistaan agama oleh Ahok sehingga ditetapkan Polri menjadi tersangka, dengan analisa akademis dapat dikatakan bahwa Jokowi secara politik sudah jatuh. Jokowi sepertinya kehilangan aliansi-aliansi strategisnya yang awalnya terlihat sebagai kekuatan politik yang real.

Beberapa poin yang menguatkan situasi itu adalah :

1. Menunjukkan di manakah sumber daya finansial para taipan berada, apakah di Jokowi atau Ahok.

Ketika Ahok lolos dalam kasus lahan RSSW dan reklamasi, ini adalah bukti bahwa uang ada di belakang Ahok bukan Jokowi.

Ketika ahok menjadi tersangka artinya Jokowi sudah kehilangan kemampuan politiknya untuk melindungi Ahok.

2. Ketika Jokowi safari ke Prabowo dan ormas-ormas Islam mainstream, ini adalah bukti bahwa Jokowi curiga ada individu atau aktor parpol-parpol pendukung juga
punya kepentingan dengan aksi massa 411. Barangkali ini erat kaitannya dengan agenda 2019.

3. Ketika Jokowi melakukan safari ke TNI, menunjukkan bahwa Jokowi memerlukan perlindungan politik dan bahkan fisik. Menurut kebiasaan, korps pasukan khusus mengundang presiden datang untuk menerima penghargaan baret kehormatan atau wings. Tanpa itu menunjukkan bahwa kedatangan Jokowi lebih pada kepentingan Jokowi, bukan kepentingan korps. Era TNI dipimpin Moeldoko, Jokowi pernah menerima baret kehormatan, tapi itu baret hitam yang bukan baret tempur. Jadi ini hanya kesia-siaan karena presiden tidak punya komando langsung ke korps pasukan khusus atau elit.

4. Panglima TNI beberapa kali menegaskan akan berpihak kepada rakyat, dan PPAD juga menegaskan menghendaki kembali ke UUD 45 asli.

Saat ini dialektika yang berkembang dari safari Jokowi ini patut dicurigai sebagai mencari bentuk penyelasaian seperti apa atas krisis politik ini yang akan menentukan keberlangsungan rejim Jokowi ini.

Jadi situasi saat ini sesungguhnya adalah rakyat ada di gerbang perubahan. Rakyat punya hak untuk menyelamatkan negara. Rakyat harus segera bertindak mengatasi krisis negara yang potensial menghancurkan NKRI. Semakin lambat maka ongkos politik dan sosial untuk menyelamatkan NKRI sangat besar dan meninggalkan kerusakan yang parah.(*)

Disampaikan dalam diskusi publik "Pasca Ahok Tersangka dan Memaknai Safari Politik Jokowi" di Rumah Amanah Rakyat 17 November 2016.


 >>> Rail Amal Sholeh, Sebarkan Informasi Ini....!!






  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Situasi Saat Ini Rakyat Indonesia Ada di Gerbang Perubahan Rating: 5 Reviewed By: Sunda Pos