KABAR TERBARU

Selasa, 13 Desember 2016

BMH Jatim Tebar Selimut Untuk Fakir Miskin di Kota Malang

SundaPos.Com |  Potret kehidupan kaum urban di Kota Malang - Jawa Timur menjadi perhatian serius bagi BMH Jatim. Pasalnya, kehadiran mereka yang jauh kontrol sosial kerap membuat iba bagi sesama. Terlebih keberadaan mereka apa adanya.

Melihat kondisi tersebut, Baitul Maal Hidayatullah Jawa Timur, Gerai Malang melakukan razia lapangan di malam hari.

Tujuan kegiatan ini untuk membantu sesama yang tidak mampu dengan menyasar mereka -- para Pemulung, tukang becak, dan kaum tuna wisma lainnya dibeberapa titik yang ada dikota ini.

Hasilnya, cukup mengejutkan. Menurut Indokhul Makmun, ternyata di Kabupaten Malang masih ada pemulung, pengemis dan bahkan tukang becak yang tidak punya rumah (tunawisma) dan lebih memilih tidur di emperan toko dan kolong jembatan.

“Saya kira hanya di kota metropolis saja yang banyak pemulung, pengemis dan tukang becak tinggalnya numpang di emperan toko dan kolong jembatan, ehh ternyata di Malang juga ada,” jelas Manajer BMH Gerai Malang, hari ini.

Melihat kondisi tersebut BMH Jatim, Gerai Malang belum lama ini mengadakan agenda aksi langsung dengan berbagi peduli dhuafa dengan membagikan 65 paket untuk mereka. Setiap paketnya berisi selimut, perlak (Alas tidur) Jas hujan, dan nasi beserta lauknya.

Paket bingkisan tersebut sengaja di bagikan di tengah malam, karenan pada sore hari di toko tersebut masih beraktifitas (buka). Akhirnya tim berselayar di malam hari, sedangkan sebagian besar pemulung, pengemis dan tukang becak, mereka tidur paling lama 6 jam setiap malamnya, dan harus bangun pagi hari, semisal tidak segera bangun dan segera pindah tempat, mereka akan diusir pemilik toko tersebut.

“Fenomena yang sudah tak layak dilihat, tapi inilah kehidupan para pemulung yang sekaligus tanpa rumah,” jelas peraih gelar Sarjana Ekonomi ini.

Dan, lanjutnya, penyerahan bingkisan paket untuk dhuafa sengaja dilakukan di malam hari di sepanjang jalan Pasar Besar Malang, Jl. Raden Intan dan di wilayah Kepanjen Kabupaten Malang. Kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian Baitul Maal Hidayatullah  kepada fakir miskin.

“Bingkisan ini memang sederhana, tapi niatan kami untuk meringankan bebannya, utamanya agar mereka tidak kedinginan” tuturnya
Salah satu warga Malang selatan, Giono (60) merupakan tokoh senior yang sudah puluhan tahun tidur di emperan toko dan yang aktif kemana-mana untuk mencari tumpangan tidur di emperan di kota Malang, karena memang mencari tumpangan tidak  satu tempat saja. “Alhamdulillah, Terima kasih BMH, sudah datang pada kami malam-malam dan memberi selimut kepada saya.” ucap lelaki tua renta ini.

Berbagi kebahagian dan keberkahan tengah malam merupakan hal yang begitu mulia, kebahagiaan itu akan lebih terasa bermanfaat untuk masyarakat khususnya masyarakat yang kurang mampu, yang tidak memiliki tempat tinggal dan tidurnya di emperan toko

Editor : Nur Amalia
Sumber : Andre Rahmatullah, Humas BMH Jawa Timur
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: BMH Jatim Tebar Selimut Untuk Fakir Miskin di Kota Malang Rating: 5 Reviewed By: Almaidah Online