728x90 AdSpace

Latest News
Friday, December 9, 2016

Relawan BMH: Puluhan Masjid di Kabupaten Pidie Jaya Rusak Total

SundaPos.Com | Gempa bumi kembali menghantam serambi mekkah, bertempat di Kabupaten Pidie Jaya dengan guncangan 6,5 pada skala Richter yang berpusat pada 5.19 LU-96.36 BT, 18 kilometer timur laut Kabupaten Pidie Jaya atau 121 kilometer tenggara Kota Banda Aceh pada kedalaman 10 kilometer. (Sumber dari BPBD).
Di pusat Kecamatan Meureudu ini keadaan luluh lantak. Satu kompleks ruko yang berada di tengah-tengah pasar Meureudu rata dengan tanah. Berdasarkan pengamatan dan analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa disebabkan aktivitas sesar (patahan) aktif lokal.

Koordinator Aksi Relawan Baitul Mall Hidayatullah (BMH) Peduli Bencana Nusantara di Lokasi, Ahmad Syakir mengatakan bahwa info tekini korban gempa bumi di Kabupaten Pidie jaya, Aceh, Jum’at (09/12/2016) sudah terdapat 103 korban meninggal dunia.

“Saat ini sudah ratusan korban jiwa dan lainnya masih memadati Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tgk Chik Ditiro Sigli Kabupaten Pidie  untuk perawatan lebih lanjut,” papar General Manajer BMH Perwakilan Aceh.

Selain itu, lanjut Syakir, sebagian besar pengungsi berpusat di Pasar Induk Meureudu. Peristiwa ini menimbulkan banyak korban jiwa dan luka-luka. Kebutuhan darah pun meningkat tajam karena banyak korban mengalami patah tulang dan butuh operasi segera.

 Tidak hanya, warga masih membutuhkan pasokan air dan listrik, terutama bagi mereka yang tinggal di pengungsian. Gempa bumi ini menimbulkan dan merubuhkan ratusan bangunan.

“Saat ini 11.000-an rumah rusak, 2.000-an rusak berat, 1.500-an rusak sedang, dan 8.000-an rusak ringan,“ujarnya dalam wawancara via by phone.

Tidak hanya rumah, Syakir katakan di dapatkan puluhan masjid rusak total. Untuk Tim Relawan BMH Peduli Bencana Nusantara sendiri lebih fokus di pengungsian yang berada di Masjid At-Taqwa, belakang Pasar induk Meureudu. Lokasi ini dianggap paling banyak warga yang mengungsi.

Menanggapi hal itu, Abdan Syakuro, Manajer Pandayagunaan Lembaga Amil Zakat Nasional, Baitul Mall Hidayatulla Jawa Timur mengatakan agar masyarakat muslim bisa mengulurkan bantuannya kepada saudara kita yang sedang dilanda musibah gempa bumi bersama LAZNAS BMH.

“Salurkan bantuan terbaik anda untuk meringankan beban mereka.Diam bukan pilihan, tentukan peranmu,” tandas Abdan, demikian sapaannya.

Silakan nilai terbaik anda bisa di salurkan lewat Rekening Donasi : BSM : 7001191831 An. Baitul Maal Hidayatullah, silakan Konfirmasi : 031-5928866 /085102380001. (Andre Rahmat, Staf Humas BMH Jawa Timur)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Relawan BMH: Puluhan Masjid di Kabupaten Pidie Jaya Rusak Total Rating: 5 Reviewed By: Sunda Pos