728x90 AdSpace

Latest News
Senin, 02 Januari 2017

Ide Itu Punya Kaki


Oleh:  Sri Wahyuni

Ide menulis bisa berasal dari hal sederhana, misalnya pengalaman hidup, pengalaman melihat, mendengar, dan mengamati realita di sekitar kita. Ide itu muncul tak kenal waktu. Saat kita senang, sedih, sibuk, dan lelah sekalipun.

Ide tidak harus hal yang besar. Ide yang besar belum tentu menjadi tulisan yang besar. Tetapi, ide kecil bisa menjadi besar jika kita bisa mengolahnya. Misalnya Dr. Fuad Hasan.  Disertasinya yang bejudul  Kita dan Kami, mampu menghantarkannya memperoleh gelar doktor.

Begitu pula sebaliknya, ide yang besar belum tentu menjadi tulisan yang besar. Jika idenya saja sudah besar, bagaimana kita mau menjabarkannya menjadi tulisan yang besar. Peristiwa tsunami merupakan ide yang besar, tapi kadang kala kita sulit untuk menjabarkan ide tersebut karena peristiwannya sendiri sudah terlalu kompleks.

Ketika ada ide tuliskan saja. Tulis ide itu sesuai dengan hasrat hati. Ketika ketemu judul  tulis judul, ketika ketemu uraian tuliskan uraian. Ide layaknya manusia. Ia akan berpindah tempat ketika tidak dianggap dan dimanfaatkan.

“Setiap ide itu punya kaki. Jika tidak cepat ditulis maka ia akan berjalan dan berpindah ke otak orang lain. Ide itu  seperti angin yang mengembara. Jika tidak segera kita sarangkan maka ia akan berjalan,” tutur Djoko Saryono, tokoh literasi dari Malang.

Sekecil papun ide yang muncul kita harus bisa memanfaatkan dan segera mengolahnya menjadi tulisan. Jika tidak maka ide itu akan berpindah ke otak orang lain. Mungkin saat ini ide itu tidak begitu bermafaat tapi di lain waktu pasti akan berguna. Bahkan bisa menjadi tulisan yang luar biasa.

Jadi, tunggu apalagi? Sarangkanlah, sangkarkanlah ide sebelum ide itu berpindah ke pikiran orang lain. Persilahkan ide itu menghuni rumah yang ada, yakni otak kita.
***

Penulis adalah Mahasiswi jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
STKIP PGRI Ponorogo
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Ide Itu Punya Kaki Rating: 5 Reviewed By: Almaidah Online