728x90 AdSpace

Latest News
Wednesday, February 22, 2017

Kisah Mbah Rubiem: Hasil Memulung Seminggu Hanya Dapat Beras 1 Kg

SinarRakyat.Com | Pemulung adalah salah satu cara yang ia lakukan setiap hari, itupun tidak bisa berkeliling untuk menjemput sampah, ia hanya menunggu kiriman dari salah satu toko bekas-bekas kardus dan kertas yang diberikan untuk di jualnya.

Pekerjaan ini dilakukannya setiap hari untuk bisa menyambung hidupnya, berbekal karung yang ia jadikan sebagai tempat untuk menampung hasil ia memulung selama satu minggu kemudian ia jual.

Hasilnya ia kumpulkan selama satu minggu dulu, karena setiap hari tidak genap satu kilogram sehingga harus dijual ketika sudah satu minggu. Hasilnyapun tidak banyak sekedar untuk beli beras saja sudah bersyukur dan biasanya hanya dapat 1 kg beras dari hasil ia memulung selama satu minggu.

Adalah mbah Parti dan mbah Rubiyem, nenek tua kelahiran 81 tahun silam ini sudah tidak punya keluarga, ia hanya hidup sendirian dan tidak punya harapan lagi mau hidup bersama siapa lagi kecuali dengan kerabatnya satu kampung ini yaitu mbah Parti.

Ia sendiri kelahiran Magelang dan hijrah ke semarang dari kecil untuk bekerja sebagai buruh, namun Allah sudah takdirkan semua urusan hambanya.

Sehari – hari ia tinggal di bawah pohon di pinggiran sungai  sebandaran daerah pecinan Semarang beralasan kardus bekas. Tempat ini dijadikan ia berteduh dan sudah berpuluh-puluh tahun, sehingga pohon tersebut menjadi saksi dan sejarah bagaimana perjuangan hidup mbah Rubiem dan Mbah Parti.

Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Perwakilan Jawa Tengah sebagai lembaga amil zakat yang konsen untuk mengangkat harkat dan martabat fakir miskin, memberikan bantuan berupa kebutuhan logistik harian dan peralatan mandi serta ibadah kepada mbah Rubiyem dan Mbah Parti (21/2/2017).

Selain kebutuhan materiil BMH juga melakukan pembinaan untuk menjaga semangatnya beribadah.

Olehnya BMH mengajak kepada masyarakat untuk menghantar hidayah kepada sesama dengan membantu biaya makan dan hidup mbah Rubiyem dan Mbah Parti setiap harinya.

(Abdullah M Ikhwan)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Kisah Mbah Rubiem: Hasil Memulung Seminggu Hanya Dapat Beras 1 Kg Rating: 5 Reviewed By: Sunda Pos