728x90 AdSpace

Latest News
Jumat, 24 Februari 2017

Menkeu: Banyak Orang Indonesia Simpan Harta di Cayman Island

SundaPos.Com | Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, banyak orang Indonesia yang menghindari kewajiban pajak dengan cara menyimpan dana di negeri tax heaven.

"Menyembunyikan income itu mudah. Tinggal naik pesawat, buka akun di tax heaven dan buka rekening ke sana. Orang Indonesia kita banyak melakukan di Cayman Island dan Panama," ungkap Sri Mulyani, dalam peluncuran laporan ketimpangan oleh Oxfam di Indonesia (Oxfam) dan International NGO Forum on Indonesia Development (lNFlD) di Hotel Aryaduta, Jakarta, kemarin.

Oleh karena itu, Ani panggilan akrab Sri Mulyani mengaku kewalahan mengejar pajak orang Indonesia. Makanya, lanjut Ani, dahulu dirinya sering marah marah di forum internasional.

"10 tahun lalu saat saya jadi Menkeu, kalau saya datang ke forum Internasional, saya bilang hey you know guys aku lagi ingin bereskan tax payer bandel," ungkapnya.

Namun demikian, Ani menegaskan, masalah tersebut bukan hanya dihadapi Indonesia, tetapi banyak negara, termasuk negara besar seperti Amerika Serikat (AS) dan Inggris.

Menurutnya, kebijakan tax amnesty (pengampunan pajak) antara lain bertujuan untuk menarik minat orang Indonesia untuk menaruh uangnya kembali ke Tanah Air.

Ani mengatakan, dirinya akan terus berupaya meningkatkan penerimaan pajak.

Menurutnya, Indonesia memiliki potensi besar untuk mengerek penerimaan hanya saja masih banyak pekerjaan rumah yang harus dibereskan.

"Alasan saya kembali ke Indonesia karena di sini masih banyak pekerjaan rumah yang harus dibereskan untuk mewujudkan keadilan," kata Ani.

Dia menerangkan, melalui pengelolaan keuangan, dirinya ingin mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif sehingga kesenjangan bisa menurun.

Menurutnya, kinerja pertumbuhan ekonomi di Indonesia selama 10 tahun terakhir sebenarnya tercatat cukup baik.

"Tapi kita juga harus kritisi kualitas dari pertumbuhannya. Di 2011-2012, tiap kenaikan 1 persen pertumbuhan, menurunkan tingkat kemiskinan 0,1 s/d 0,6 persen. Tapi sekarang turunnya hanya 0,033 persen. Jadi merosot tajam penurunan tingkat kemiskinannya," paparnya.

Sumber: RMOL






  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Menkeu: Banyak Orang Indonesia Simpan Harta di Cayman Island Rating: 5 Reviewed By: Almaidah Online