728x90 AdSpace

Latest News
Friday, April 7, 2017

Polemik Surat Penundaan Kapolda, Humas PN Jakut: Sidang Ahok Jalan Terus!

Kepala Humas PN Jakut Hasoloan Sianturi, memastikan sidang kasus penistaan agama terkait terdakwa Basuki T Purnama tidak akan ditunda meskipun Kapolda Metro Jaya sudah berkirim surat.

Pada sidang tanggal 11 April mendatang agenda pembacaan tuntutan terhadap Ahok tetap akan dilaksanakan seperti sudah dijadwalkan sebelumnya.

"Ketua majelis telah menetapkan sidang agenda tuntutan dari JPU, tanggal 11 April. Itu semua sudah menjadi kewenangan majelis hakim, sesuai agenda tidak ada penundaan, dan sidang jalan terus," katanya hari ini menjawab pertanyaan wartawan di PN Jakarta Utara.

Seperi diketahui, beredar surat penundaan sidang kasus dugaan penistaan agama oleh Ahok hingga pilkada berakhir yang diteken oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Mochamad Iriawan pada 4 April 2017 kepada PN Jakut telah menimbulkan polemik dimasyarakat.

Menanggapi surat ini, Ketua PN Jakarta Utara yang juga ketua majelis hakim sidang Ahok, Dwiarso B Santiarto, menyatakan penolakannya.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen (Pol) M Iriawan bersurat ke Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Utara untuk menunda sidang tuntutan Basuki Tjahaja Purnama dalam kasus penistaan agama dengan alasan menyangkut keamanan.

Dalam suratnya, Kapolda mengusulkan agar tuntutan dibacakan setelah hari pencoblosan pada putaran dua Pilgub DKI selesai, sehingga tidak menimbulkan kericuhan.

Surat Kapolda itu kemudian menimbulkan polemik di masyrakat. Pakar Hukum Pidana dari Universitas Tarumanegara Herry Firmansyah menilai bahwa usulan kapolda ini di luar domain yang dimiliki. Dia bahkan mengingatkan bahwa saat ini kasus penistaan agama oleh Ahok sudah masuk domain pengadilan.

Sementara Anggota DPR dari Fraksi PAN, Yandri Susanto menyatakan dengan permintaan itu sesungguhnya aparat kepolisian justru tidak memahami tugas sesungguhnya.

"Seharusnya penundaan ataupun permasalahan lain dilakukan dengan cara berkoordinasi dengan instansi terkait. Sebab, dengan berkirim surat saya khawatir akan mendegradasi kemandirian dan kemerdekaan lembaga pengadilan yang ada sekarang," tegasnya.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Polemik Surat Penundaan Kapolda, Humas PN Jakut: Sidang Ahok Jalan Terus! Rating: 5 Reviewed By: Sunda Pos