728x90 AdSpace

Latest News
Saturday, June 3, 2017

Kemenag Ajak Seluruh Unsur Masyarakat Jabar Jaga Keutuhan Pancasila

SundaPos.Com | Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Bandung, Dr. Yusuf Umar menegaskan bahwa Pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia yang lahir dari jiwa para founding fathers, ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara. Sehingga ia pun mengingatkan bahwa Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang beragam.

"Secara kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman dan telah ditakdirkan oleh Allah demikian. Takdir Tuhan untuk kita adalah keberagaman. Dari Sabang sampai Merauke adalah keberagaman. Berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk Indonesia," katanya  disela-sela pelantikan pejabat eselon III di Kanwil Kemenag Provinsi Jabar, Jumat (2/6/2017).

Atas keberagaman tersebut ia pun meminta kepada seluruh masyarakat khususnya di Kota Bandung untuk menjaga persatuan dan keutuhan NKRI dengan dasar negara Pancasila.

Yusuf juga berharap bangsa ini bisa belajar dari pengalaman buruk negara lain. Dimana, negara-negara luar tengah dihantui paham radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara.

"Kita bisa hidup rukun dan bergotong royong  untuk memajukan negeri. Dengan Pancasila, Indonesia adalah harapan dan rujukan masyarakat internasional untuk membangun dunia yang damai, adil dan makmur di tengah kemajemukan," ungkapnya.

Ia juga mengajak peran aktif para ulama, tokoh agama, tokoh masyarakat, pendidik, pelaku seni dan budaya, serta seluruh lapisan masyarakat dan pemerintah untuk bersama-sama menjaga keutuhan Pancasila.

"Kita harus waspada terhadap segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila. Pemerintah pasti bertindak tegas terhadap organisasi-organisasi dan gerakan-gerakan yang anti Pancasila, anti UUD 1945, anti NKRI dan anti bhinneka tunggal ika," katanya.

Asep Awaludin

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Kemenag Ajak Seluruh Unsur Masyarakat Jabar Jaga Keutuhan Pancasila Rating: 5 Reviewed By: Sunda Pos