728x90 AdSpace

Latest News
Wednesday, June 21, 2017

Miris! Terjerat Rentenir Warga Cianjur Nyaris Gila

SundaPos.Com | Seorang ibu bernama Halimah (52) pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) warga Kampung Ciharashas Desa Sirnagalih Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur nyaris gila dan sempat di rawat di rumah sakit akibat terjerat hutang pada rentenir.

Menurut Tedi Rustandi (28) anak kandung Halimah, ibunya sempat menggunakan jasa rentenir untuk menyelamatkan usahanya dengan meminjam uang sebesar Rp 20juta. Namun bukannya untung. Kata dia, ibunya malah terjerat karena tak mampu melunasi seluruh bunga yang didendakan rentenir sebagai bunga pinjaman.

“Ibu saya hanya membayarkan bunga saja Rp 3 juta per empat bulan selama dua tahun, tidak termasuk membayar utang pokok,”  kata Tedy.

Tedy yang merupakan aktivis Prodem Jabar ini, menjelaskan, karena terus-terusan membayar bunga, usaha ibunya tersebut  bangkrut. Lantas, dia tidak bisa membayar bunga dan utang pokok.

“Bermula dari situ, ibu saya terus mendapatkan ancaman dari rentenir,” katanya.

Kini, tambah dia, ibunya menjadi depresi. Tiap malam teriak histeris, lantaran ingat saat rentenir itu menagih ke rumahnya. Ibunya pun sering melamun dan sering berbicara sendiri.

Sambil melamun di teras rumah, ibu saya sedikit bercerita, dirinya merasa kaget dan tak sanggup oleh perlakuan orang-orang  yang datang ke rumahnya untuk menagih utang. Pria-pria yang berbadan tinggi besar, selalu datang dengan bentakan-bentakan yang membuat hatinya menangis.

“Kalau nagih, gak pakai sopan santun. Ngomongnya teriak, kalau gak dibayar sempat saat itu ada yang memecahkan vas bunga,” bebernya.

Dikatakan Tedi, Selain terlilit utang, ibunya pun kini harus menjalani pemeriksaan kesehatan atas luka traumatis yang diterimanya akibat perlakuan kasar rentenir tersebut.

“Khawatir terjadi apa-apa, ibu saya sedang menjalani pengobatan rukiyah,” jelasnya.

Terkait masalah tersebut, Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Cianjur, Ade Sobari menanggapi, pihaknya saat ini tengah membuat formulasi yang tepat untuk mendorong Pemkab Cianjur memberantas keberadaan rentenir. Dijelaskannya, dewan sudah berusaha keras untuk menekan dan menghilangkan rentenir. namun sampai hari ini belum ada formulasi yang tepat untuk menekan dan menghilangkan rentenir.

“Dampak dari rentenir memang bukan main-main. Jadi kami juga bakal fokus untuk menggodok persoalan ini supaya ada solusi ke depan,” pungkasnya.

sumber : BogorPos

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Miris! Terjerat Rentenir Warga Cianjur Nyaris Gila Rating: 5 Reviewed By: Sunda Pos