728x90 AdSpace

Latest News
Minggu, 25 Juni 2017

Terjadi di Garut! Lebaran sedih di Pengungsian, Tanpa Ketupat dan Baju Baru

SundaPos.Com | Kisah sedih dialami saudara-saudara kita para korban banjir bandang Garut, Jawa Barat. Pasalnya, di hari yang fitri ini mereka  tidak merasakan kebahagian di saat berlebaran seperti yang dirasakan jutaan umat muslim lainnya.

Sejak banjir bandang menerjang Kabupaten Garut pada 2016 lalu, ribuan korban tinggal di tempat pengungsian yang disiapkan Pemerintah Kabupaten Garut. Termasuk, mereka harus berlebaran di tempat-tempat pengungsian.

Alhasil, pemandangan yang sangat menyedihkan tersimpan di raut wajah para korban banjir bandang. Usai melaksanakan shalat idulfitri, Mereka langsung kembali ke tempat pengungsian.

Ditempat pengungsian ini tidak tampak makanan khas lebaran, apa lagi berharap makan ketupat. Sementara anak-anak juga menggunakan pakaian biasa, tidak tampak mengenakan baju lebaran.

Ketika wartawan berkunjung ke lokasi penampungan, tak terlihat satu pun  pejabat Pemkab Garut yang datang. Oleh karenanya, mereka mengaku sangat sedih pada tahun ini tidak bisa berlebaran seperti umat Islam lainnya.

"Lebaran tahun ini, kami menjadi asing di negeri sendiri," ujar salah satu pengungsi yang menempati pengungsian wisma LEC yang berada di Kecamatan Tarogong Kidul.

Menurut Ibu XX, kesedihan sangat dirasakan ketika anak-anak kecil melihat anak lainya yang bukan warga korban banjir bandang mengenakan pakaian baru.

salah satu pengungsi lainnya, Mimin mengaku, lebaran tahun ini sangat berbeda dengan lebaran tahun lalu. Soalnya, selain berlebaran di pengungsian, anak, suami dan menantu tewas diterjang banjir bandang dan ada yang masih belum ditemukan.

"Saya bisa berlebaran dengan para pengungsi lainnya, tidak ada keluarga yang menemani," katanya.

Sampai saat ini masih ada ribuan korban banjir bandang yang merayakan lebaran di enam tempat pengungsian, yang tersebar di dua Kecamatan di Garut, Jawa Barat.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Terjadi di Garut! Lebaran sedih di Pengungsian, Tanpa Ketupat dan Baju Baru Rating: 5 Reviewed By: Almaidah Online