KABAR TERBARU

Sabtu, 22 Juli 2017

Purwakarta Jadikan Seluruh Sila Pancasila Sebagai Tema Karnaval


SundaPos.Com | Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Purwakarta Ke 49 dan HUT Purwakarta Ke 186, pemerintah daerah setempat menjadikan seluruh sila dalam Pancasila menjadi tema karnaval yang  digelar setiap hari Jum’at malam dalam setiap minggunya.

 “Pawai Toleransi Umat Beragama”, Karnaval pertama ini terinspirasi dari sila pertama dalam Pancasila yakni Ketuhanan Yang Maha Esa.

Berdasarkan pantauan, tampak rombongan seluruh umat beragama mulai dari Islam, Katholik, Kristen Protestan, Hindu, Budha dan Khong Hu Cu, beriringan menyusuri jalan protokol di kabupaten yang terkenal dengan kebijakan penerapan toleransi sejak dari bangku sekolah tersebut.

Kegiatan pawai ini langsung dibuka oleh Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi yang juga turut serta dalam pawai yang diikuti oleh ribuan peserta tersebut. Para peserta tampak mengenakan pakaian khas Agama mereka masing-masing. Hal ini semakin menambah suasana sejuk dalam kegiatan tersebut. Tak ayal, kegiatan ini berlangsung secara aman dan tertib sampai akhir acara.

“Karnaval pertama ini merupakan simbol sila pertama Pancasila. Jum’at depan secara berurutan kita akan gelar karnaval yang terinspirasi dari sila kedua, ketiga, keempat dan kelima, rutin setiap Jum’at malam,” jelas Dedi.

Kegiatan ini mengundang decak kagum bukan saja dari peserta tetapi juga dari warga masyarakat yang hadir. Salah seorang koordinator peserta, Pendeta Gereja Katolik Salib Suci Purwakarta, Paulinus Widjaya mengatakan kegiatan menjadi perwujudan rasa toleransi yang telah dibina di Purwakarta. (agus 3/hadi)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Purwakarta Jadikan Seluruh Sila Pancasila Sebagai Tema Karnaval Rating: 5 Reviewed By: Almaidah Online