728x90 AdSpace

Latest News
Friday, August 25, 2017

DPR: Jelang Pilkada, Ancaman Siber Makin Serius


SundaPos.Com | Jelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2018, ancaman dunia siber akan semakin serius, terutama yang menyangkut menyebarkan konten SARA melalui teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

“Kita harus waspada bahwa konten SARA sudah muncul merebak. Ini harus dianggap sebagai salah satu ancaman siber yang serius,” kata Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari dalam keterangan tertulisnya, Jumat (25/8/2017).

Menurutnya, data yang masuk di DPR dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) untuk pengaduan konten negatif terkait SARA dan kebencian menduduki urutan ketiga (165 aduan) setelah pengaduan mengenai pornografi (774.409 aduan) dan radikalisme (199 aduan).

“Fenomena yang terjadi harus dipahami seperti gunung es, artinya angka-angka tersebut adalah yang muncul di permukaan. Yang tak terlihat tentu lebih mengerikan lagi. Saya yakin masih banyak kelompok-kelompok seperti Saracen yang belum tersentuh, apalagi menjelang Pilkada 2018 dan Pemiu 2019,” katanya.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memiliki dua sisi yang saling bertolak belakang. Di satu memberikan manfaat positif yang dapat membantu dan memajukan kehidupan manusia, di sisi lain, memberikan dampak negatif yang justru akan merusaknya.

Abdul Kharis menjelaskan bahwa Komisi I DPR memiliki komitmen agar masyarakat terlindungi dari konten negatif termasuk di dalamnya konten penyebar SARA. Wujudnya, dalam berbagai kesempatan Raker Komisi I DPR dengan Menkominfo RI Rudiantara, Komisi I DPR meminta agar Pemerintah untuk menindak tegas penyebar konten negatif sekaligus meningkatan literasi media terkait bahaya penayangan konten negatif.

“Adalah tugas Pemerintah untuk melindungi kepentingan umum dari segala jenis gangguan sebagai akibat penyebaran konten negatif dan berita palsu. Peningkatan literasi media juga perlu dilakukan okeh KPI, KIP dan Dewan Pers,” ujarnya. *(R)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: DPR: Jelang Pilkada, Ancaman Siber Makin Serius Rating: 5 Reviewed By: Sunda Pos