728x90 AdSpace

Latest News
Wednesday, August 9, 2017

KADIN Jabar Dorong Ekspor Produk UKM Garut


SundaPos.Com | Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Barat, Agung Suryamal, mendorong agar produk asal Kabupaten Garut lebih banyak diekspor menyusul pernyataan KBRI yang mengabarkan, bahwa Arab Saudi membuka peluang kerjasama bisnis produk dari daerah tersebut.

“Ini merupakan peluang besar bagi pengusaha di Kabupaten Garut untuk memperluas pasar di luar negeri,” kata Agung Suryamal, dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Rabu (9/8/2017).

Menurut Agung, peluang tersebut tentunya harus dimanfaatkan dengan baik dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi warga. Untuk itu, ke depan Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga harus memfasilitasi UKM, agar kinerjanya terus lebih baik.

Agung menyebutkan, beberapa potensi bisnis yang dapat dipasarkan ke Arab Saudi, antara lain sektor kuliner khas Garut dan sektor kerajinan yang bisa dipasarkan kepada jamaah umroh, haji dan masyarakat Arab Saudi.

Dalam rangka meningkatkan ekspor di provinsi tersebut, Agung mengaku telah menyiapkan peta jalan sebagai acuan pengusaha dalam menggali peluang pasar baru, serta melakukan diversifikasi terhadap produk lokal.

“Kami sudah memiliki roadmap ekspor yang dapat membantu pengusaha di Jawa Barat dalam melakukan ekspansi pasar lebih luas. Ini akan saya implementasikan dengan tim, jika diberi amanah nantinya saat memimpin Jawa Barat,” ucapnya.

Tak hanya Garut, ke depan, Agung memastikan untuk membangkitan produksi ekspor di wilayah lain di Jawa Barat. Hal tersebut karena secara keseluruhan Jawa Barat boleh dibilang merupakan jantung industri nasional dengan mengendalikan lebih dari 50 persen kontribusi sektor industri terhadap perekonomian dalam negeri.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengharapkan kinerja investasi dan ekspor terus membaik pada triwulan III dan IV-2017, sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi hingga akhir tahun. “Kami harapkan investasi dan ekspor akan terus membaik di triwulan III dan IV-2017,” kata Sri Mulyani di Jakarta, Selasa (8/8).

Sri Mulyani mengatakan, kinerja investasi dan ekspor sedang memperlihatkan momentum yang positif selama periode Januari hingga Juni 2017, sehingga masih diandalkan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi pada semester II-2017.

Bank Pembangunan Asia (ADB) juga memperkirakan ekonomi Asia yang sedang berkembang akan tumbuh sedikit lebih cepat tahun ini, berkat permintaan ekspor yang lebih besar daripada perkiraan di kuartal pertama 2017.

Dalam laporan Asian Development Outlook 2017, ADB menaikkan proyeksi pertumbuhan kawasan Asia dari 5,7 persen menjadi 5,9 persen pada 2017, dan dari 5,7 persen menjadi 5,8 persen pada 2018.

“Kawasan Asia yang sedang berkembang mengawali tahun ini dengan baik, karena peningkatan ekspor mendorong prospek pertumbuhan seterusnya sepanjang 2017,” kata Kepala Ekonom ADB, Yasuyuki Sawada. (Ant)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: KADIN Jabar Dorong Ekspor Produk UKM Garut Rating: 5 Reviewed By: Sunda Pos