728x90 AdSpace

Latest News
Sunday, August 6, 2017

Patung Dewa Kongco Kwan Sing Tee Koen Mendadak Ditutup Kain


SundaPos.Com |  Keberadaan Patung Dewa Kongco Kwan Sing Tee Koen yang berada di halaman belakang Klenteng Kwan Sing Bio (KSB) Tuban akhirnya ditutup dengan kain pada Sabtu (5/8/2017).

Tak ada penjelasan resmi dari pengelola mengapa patung ini mendadak ditutup kain. Seorang pengurus nyang enggan disebut jati dirinya hanya mengatakan bahwa penutupan tersebut merupakan inisiatif dari pihak Klenteng Kwang Sing Bio Tuban.

Dari TKP dilaporkan, sejumlah personil Tim Vertikal dari Sar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban pada Sabtu mendadak menutup patung dewa tersebut dengan kain warna putih.

"Kami hanya diminta bantuan untuk ikut menutup patung dengan pakai kain putih," kata Joko Ludiono, Kepala Pelaksana BPBD Tuban singkat tanpa mau merinci alasannya.

Sebelumnya, Warganet meramaikan keberadaan patung dewa Kong Kong Kwan Sing Tee Koen di kuil Kwan Sing Bio, Tuban setinggi 30 meter itu. Pasalnya, pembangunan patung tersebut belum mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Dengan demikian, membuat netizens gelisah.

Salah satu yang mengkritik pembangunan patung tersebut adalah mantan juru bicara HTI, Ismail Yusanto.

Dia menyesalkan perkembangannya karena tidak berlisensi namun tetap aman. Sedangkan mereka yang sudah memiliki lisensi bahkan dicabut, seperti SMP IT di Sidoarjo, Jawa Timur beberapa waktu lalu.

"Meikarta tanpa izin Reklamasi, pabrik semen Sulawesi Utara, patung Tuban yang tidak sah - semuanya aman. Yg sdh berlisensi bahkan dicabut?" Tulisnya di akun Twitter-nya.

Komentar serupa juga diungkapkan oleh Tengku Zulkarnain. Dikatakannya bahwa sekolah-sekolah Islam ditolak di Jawa Timur sedangkan patung tuhan Kwan Sing Tee berdiri anggun di Kota Wali.

"Sekolah Islam Ditolak di Jawa Timur, Tapi Patung Tuhan Kwan Sing Tee Berdiri Megah 30,4 M, di Tuban, Jawa Timur. LGBT Dpt AWARD, NATURAL WARNED.," Twettnya, Kamis, 3 Juli 2017.

Komentar terakhir dari Kirenia, dia mempertanyakan keberadaan NU yang menolak berdirinya SMP IT di Sidoarjo karena tidak sepaham dengan NU. Namun, tidak ada suara saat ada pendirian patung China di Tuban.

"Kmna warga NU saat ada pendirian patung cina di Tuban? # Hey2, Pembentukan SMP IT di Sidoarjo Menolak Ratusan Warga NU," tulisnya. (MCA/R)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Patung Dewa Kongco Kwan Sing Tee Koen Mendadak Ditutup Kain Rating: 5 Reviewed By: Sunda Pos