728x90 AdSpace

Latest News
Saturday, September 9, 2017

Jalan yang akan Dibangun Kodim 0619 Penopang Perekonomian Para Petani

Aparat dari Kodim 0619 tengah meninjau akses jalan desa yang akan dibangun dalam proyek TMMD (Foto Sundapos.com/Agus 3)

SundaPos.Com | Para petani yang berada diantara dua lokasi perbatasan Kecamatan Cibatu dan Kiarapedes, sudah lama bermimpi jalan yang bagus untuk mereka gunakan mengangkut hasil pertanian. Saat mereka mendengar akan segera di bangun oleh TNI dari Kodim 0619 melalui Program TMMD ke 100, para petani tampak senang dan bergembira.

Karena selama ini akses jalan itu walaupun sudah ada tapi masih sangat tradisional, artinya bila saat memasuki musim penghujan jalannya licin sehingga harus ekstra hati-hati dalam mengangkut hasil pertanian. Kemudian saat musim kemarau jalan tersebut berdebu dan tidak rata. Akibatnya kendaraan jadi lama saat membawa hasil panen.

"Jalanna garinjul lamun usum halodo kiemah komo mun usum hujan laleueur, make mobil letik hese asup loba batu. Kapaksa diangkutanna make motor, eta ge lalaunan (saat musim kemarau jalannya tidak rata banyak bebatuan apalagi saat musim penghujan jalannya sangat licin, mobil kecil susah masuk. Ya terpaksa hasil panen diangkutin pake motor itu juga harus hati-hati) ," ujar Abah Unang (45) salah seorang petani sekitar yang memiliki beberapa petak sawah tidak jauh dari lokasi jalan TMMD.

Menurut kepala Desa Wanawali, Edin, dengan akan dibangunnya akses jalan tetsebut tentu akan meningkatkan perekonomian masyarakat antara dua Kecamatan terutama dibodang pertanian.

"Dengan dibangunnya akses jalan oleh TNI dari Kodim 0619 Purwakarta yang rencananya juga akan bergotong royong dengan masyarakat melalui program TMMD, saya yakin dalam waktu satu bulan jalan tersebut selesai. Dan yang terpenting akses jalan itu akan menjadi penopang perekonomian para petani dan masyarakat dua kecamatan," ujar Edin. (Hadi)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Jalan yang akan Dibangun Kodim 0619 Penopang Perekonomian Para Petani Rating: 5 Reviewed By: Sunda Pos