728x90 AdSpace

Latest News
Selasa, 12 September 2017

Yusril Hari Ini Jadi Saksi Perkara Buni Yani


SundaPos.Com |
Pengadilan Negeri (PN) Bandung akan menggelar sidang lanjutan  kasus dugaan pelanggaran Undang-undang Informasi dan Transksi Elektronik (ITE) dengan tersangka Buni Yani pada Selasa (12/9) pagi hari ini.

Yang menarik, Ahli hukum tata negara dan mantan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yusril Ihza Mahendra bakal hadir dalam sidang di Pengadilan Negeri Bandung, Jalan LRE Martadinata, Bandung - Jawa Barat.

Ihwal kehadiran Yusril itu disampaikan langsung oleh Yusril via akubn twitternya @Yusrilihza_Mhd, malam ini.

"Insya Allah besok Selasa 12 September jam 9 pagi saya akan memberikan Keterangan Ahli dalam Perkara Bun Yani di Pengadilan Negeri Bandung," tulis Yusril, sesaat yang lalu.

Sebelumnya, Aldwin Rahardian, kuasa hukum Buni Yani mengatakan, Yusril dihadirkan sebagai saksi karena berkaitan dengan kebebasan berpendapat seseorang yang dijamin oleh undang-undang.

"Harus dibedakan, mana hate speech (ujaran kebencian), mana kebebasan berpendapat seseorang yang dijamin konstitusi negara," kata Aldwin seusai sidang, pada Selasa (5/9/2017) lalu.

Menurut Aldwin, Yusril telah mengonfirmasi kesediaanya untuk hadir di persidangan sebagai saksi meringankan bagi terdakwa Buni Yani.

Selain Yusril, tim penasihat hukum juga akan menghadirkan ahli sosiologi dan teknologi informasi (TI). "Insya Allah (Yusril dan dua saksi ahli, bersedia hadir)," ujarnya.

Aldwin mengemukakan, yang dilakukan Buni Yani adalah kebebasan berekspresi. "Nggak boleh dijerat. Apalagi ini (kebebasan berpendapat) dijamin oleh Undang Undang Dasar yang derajatnya lebih tinggi dibanding UU ITE. Yang diupload Pak Buni bukan konten ilegal. Prasyarat sesuatu bisa dijerat dijerat UU ITE jika memenuhi unsur itu konten ilegal. Apa itu? Satu, penghinaan, dua pornografi, dan tiga perjudian. Selama di luar itu, gak ada masalah," katanya. (R-007)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Yusril Hari Ini Jadi Saksi Perkara Buni Yani Rating: 5 Reviewed By: Almaidah Online