Header Ads

MPR Dorong Seni Budaya Sunda Terus Berkembang


SundaPos.Com |
Anggota DPR MPR RI, Maruar Sirait mengapresiasi jumlah kesenian yang ada di Desa Cimanggung, Kecamatan Cimanggung yang berjumlah 32 kesenian.

Demikian hal itu dikatakan politisi PDI Perjuangan saat acara Kunjungan Kerja Dapil Perorangan Anggota DPR RI dengan menggelar Seni Budaya di Lapang Sepakbola Desa Cimanggung, kemarin.

“Kan jarang di satu desa ada 32 kesenian, kan jarang. Saya keliling di Jawa Barat, baru di sini dan bukan hanya banyak tapi juga berprestasi. Jadi ada kuantitas tapi juga kualitas,” ungkap Maruarar.

Menurutnya adanya beragam kesenian tersebut karena adanya iklim yang kondusif dalam wilayah tersebut, dan tentu saja adanya pengaruh dari pemimping yang bijaksana.

“Makanya saya datang ke sini untuk memberikan apresiasi terhadap prestasi prestasi yang ada di sini,” imbuhnya.

Dia makin memperlihatkan kekagumannya begitu Kepala Desa Cimanggung, Yayat Hidayat menyebutkan jika ada salah satu kesenian yang sudah tampil di kancah Asia. ”Ini sangat luar biasa,” kata Maruarar.

Hal itu tak akan dapat terwujud tanpa adanya sosok ketauladan dari seorang pemimpin. Dia menyontohkan Wali Kota Surabaya Tri Risma Harini dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Sementara itu Kepala Desa Cimanggung Yayat Hidayat menyebutkan hal itu terjadi lantaran dirinya berkomitmen untuk mengangkat kearifan lokal di wilayahnya.

“Kita sebagai terah parahyangan, sebagai pusat budaya. Itu kita wajib menjunjung tinggi, memelihara, mendukung dalam proses budaya. Budaya akan berkembang apabila antara masyarakatnya, para pelaku seninya budaya budayanya, bisa saling menyatu,” tambah pria yang kerap disapa Ujang Baskara itu.

No comments

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.