Header Ads

Ondel Ondel Setinggi 21,5 meter Pecahkan Rekor Dunia


SundaPos.Com | Festival budaya ondel ondel yang digelar di Taman Bintaro Sektor 1, Jakarta Selatan, Sabtu - Minggu (30-31 Desember 2017) menjadi penting bagi lahirnya budaya khas Betawi menjadi catatan Dunia.

Hal itu telah dibuktikan dengan pengukuran secara manual oleh tim Original Rekor Indonesia, dan telah terpecahkan rekor baru yang tercatat sebagai Ondel Ondel tertinggi didunia setelah mengalahkan rekor Muri ondel ondel tertinggi di dunia dengan ketinggian 18 meter.

Event yang sekaligus melantik 143 Rukun Tetangga dan 15 Rukum Warga sekelurahan Bintaro, serta beragam festival ondel ondel dari berbagai sanggar, telah mempertontonkan karya dan kuatnya budaya Betawi.

Hadir dalam event Festival ondel ondel Walikota Jakarta Selatan yang diwakili oleh Wakilnya, Drs. arifin MAP, Camat Pesanggrahan Moh Pajar Curniawan, Lurah Dimas Prayudi, Anggota DPD RI Abdul Azis, Wakil DPRD bang Shani, Sekjen Majelis Pers Ozzy Sulaiman Sudiro, Duta ORI Brigjen Pol Dr. Victor, seluruh RT/ RW se Keluruhan Bintaro Jakarta Selatan, para supported event FPII, AWDI, Bang Japar, FBR, Pemuda Pancasila, Forkabi dan paguyuban kelenteng Tangerang.

Momentum lahirnya rekor dunia untuk budaya telah mencapai titik gemilang, hal itu diungkapkan Wakil Walikota Jakarta Selatan Drs. Arifin MAP pada pidatonya.

"Menumbuh-kembangkan karya untuk memajukan potensi budaya adalah wujud dari kepedulian membangun bangsa. Hari ini, Jakarta Selatan melalui panitia pelaksana telah bekerja keras membuktikan hal itu. Festival budaya ondel ondel Bintaro 2017 kami berikan apresiasi yang sangat tinggi," ucap Arifin.

Sebagai pelaksana event, Subhan mengutarakan kegiatan yang dibalut dengan formasi keberagaman dalam bazar info, diharapkan mampu membius para sanggar dan penyelenggara lainnya untuk tampil lebih berani mengusung budaya daerah di Indonesia.

"Ini merupakan langkah baik meskipun dalam pelaksanaannya, kami banyak kekurangan. Tetapi kebanggaan kami sebagai panitia cukup terasa." ucap Subhan.

Sebagai media Partner Original Rekor Indonesia, Ozzi Sulaiman Sekjen Majelis Pers juga berikan apresiasi tinggi untuk penyelenggara, setidaknya ini menjadi bukti dimata dunia bahwa Indonesia melalui putra daerah mampu melakukan hal yang begitu spektakuler.

"Kegiatan kegiatan seperti ini yang seharusnya menjadi sorotan media dan menjadi publish utama. Untuk itu kami sebagai media partner yang tergabung di Majelis Pers mendukung penuh dalam pencapaian ondel ondel tertinggi di dunia dan tercatat pada rekor dunia maupun nasional." papar Ozzi.

Sebagai langkah catatan sejarah, Agung Elvianto selaku President Original Rekor Indonesia menandai dan melakukan berita acara catatan rekor dunia dan Indonesia yang disaksikan oleh panitia dan segenap undangan.

"Kami dari Original Rekor Indonesia (ORI) dengan bangga memberikan piagam sertifikat kepada para tim yang telah melakukan pencapaian ondel ondel tertinggi di dunia dengan ketinggian 21,5 meter." jelas Agung.

Dalam penyemataanya, President ORI memberikan sertifikat bergengsi tersebut kepada:

KREATOR: Gia Prasetya Septindra

PEMPRAKARSA: Babeh Agus

PENGGAGAS: Ahmad Subhan

PENYELENGGARA UTAMA: Dimas Prayudi

PENYELENGGARA PENDUKUNG: Tim PPSU Kelurahan Bintaro

MEDIA PARTNER: Ozzy Sulaiman Sudiro, Sekjen Majelis Pers

Serta DUTA Budaya Jakarta yang disemati kepada Wakil Walikota Jakarta Selatan, Drs. Arifin MAP. (Rls)

No comments

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.