Header Ads

Temperatur suhu udara Kota Bandung Sempat Tembus 17 derajat Celsius


SundaPos.Com |
Siklon tropis Dahlia tidak hanya menimbulkan angin kencang dan curah hujan merata. Siklon ini juga mengakibatkan penurunan temperatur udara di Jakarta dan Jawa Barat, khususnya di Kota Bandung.

"Penurunan temperatur karena hujan, jadi dingin, hujan berasal dari laut dia ( siklon tropis Dahlia) bawa terlempar ke Jabar dan Jakarta dan kedua angin kencang, polanya angin kecang, curah hujan merata," kata ahli klimatologi Institut Teknologi Bandung Armi Susandi, seperti dirilis Galamedia, hari ini.

Hal itu terjadi karena ekor siklon tropis Dahlia terpantau pada hari ini pukul 07.00 WIB terdekat dengan wilayah Indonesia yakni di selatan Jawa.

"Itu karena Jawa Barat, khususnya Bandung, tertutup awan sepanjang hari seperti dipayungi, sehingga suhu udara turun. Ditambah lagi kelembapan udara lebih tinggi dari biasanya," ujar Armi.

Menurut Armi, temperatur suhu udara Kota Bandung sendiri sempat turun sejak pagi tadi. Pada pukul 05.00 hingga 07.00, suhu berada pada kisaran 17 derajat Celsius.

Sementara itu, Kepala Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kelas I Bandung Toni Agus Wijaya mengatakan, penurunan suhu udara di Bandung merupakan akibat cuaca berawan dan hujan ringan sejak pagi hingga sore tadi.

"Kondisi cuaca berawan dan hujan ringan ini adalah salah satu dampak siklon Dahlia," paparnya.

Menurutnya, kondisi ini secara bertahap akan berkurang dengan sendirinya. Namun pengaruh siklon tropis Dahlia ini masih berpengaruh ke Indonesia hingga Sabtu (2/12/2017) besok.

"Karena siklon Dahlia semakin menjauh dari wilayah Indonesia, bergerak ke arah Australia," kata Toni.

Saat ini temperatur udara di Kota Bandung sudah normal kembali, meski sempat turun pada pagi hari.

Dalam catatan BMKG, hari ini di Kota Bandung berada pada suhu minimum 20 derajat Celcius dan maksimum 28 derajat celcius.

Menurut Toni, cuaca ekstrem dengan intensitas hujan ringan disertai angin kencang di Jawa Barat terjadi akibat adanya belokan siklon tropis Dahlia di sekitar Jawa Barat.

Hal itu membentuk awan hujan dan peningkatan kecepatan angin di sekitar Bandung Raya.

iklon tropis Dahlia memberikan dampak berupa hujan berintensitas sedang hingga lebat di pesisir barat Bengkulu hingga Lampung, Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

Kecepatan angin mencapai 20 knot di pesisir barat Bengkulu hingga lampung, Banten bagian selatan dan Jawa Barat bagian selatan.

Tak hanya itu, siklon Dahlia juga berpengaruh pada tingginya gelombang laut yang mencapai 2,5 meter hingga 4,0 meter di perairan barat Kepulauan Mentawai, Bengkulu, dan selatan Jawa Timur.

Adapun di perairan Pulau Enggano, barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan, selatan Banten hingga Jawa Tengah, Samudra Hindia barat Lampung, hingga selatan Jawa, gelombang laut mencapai ketinggian 4 meter hingga 6 meter.

Potensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Jawa Barat serta angin kencang ini perlu diwaspadai karena berdampak pada potensi bahaya pohon tumbang, bangunan atau obyek seperti reklame, baliho yang roboh.

Berdasarkan informasi maritim terkait tingginya gelombang maksimum di perairan selatan Jawa Barat yang mencapai 6-7 meter, BMKG mengimbau kepada nelayan atau masyarakat yang ingin berwisata pantai di pesisir selatan untuk selalu memantau informasi yang disampaikan oleh BMKG.

"Sebaiknya nelayan tidak melaut terlebih dahulu sampai kondisi siklon tropis Dahlia mulai melemah," kata Toni.

Sumber : Galamedia


No comments

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.