Header Ads

Ziarah Wali Songo Sarana Mendidik Santri Mengenalkan Islam


SundaPos.Com | Dalam liburan akhir tahun ini, Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Yang di Pimpin oleh KH Maskur al Faruq melaksanakan wisata reliqi bersama para santri-santrinya ke beberapa situs makam para wali yang ada di pulau jawa maupun di pulau Bali.

Wisata reliqi yang di ikuti oleh wali santri dan para santri pondok pesantren nurul ikhlas ke makam wali songo atau  wali pitu itu, menurut KH Maskur adalah sebagai bentuk mengingat perjuangan para ulama besar yang telah menyebarkan agama islam di bumi nusantara ini.

Selain itu, turut mengenalkan betapa beratnya perjuangan para ulama terdahulu dalam mendakwahkan kalimat tauhid dengan berbagai cara, bahkan tak jarang para wali menghadapai perlawanan bagi mereka yang tidak mau di dakwahi.

"Di harapkan para santri usai dalam berziarah ini bisa mengambil pelajaran bahwa berdakwah adalah tugas bagi seluruh umat islam dengan berahlak serta adab-adab dakwah yang baik seperti yang di lakukan nabi muhammad shollohu alaihi wa salam," ujarnya.

Makna lain dari ziarah ini, imbuh Maskur, terutama untuk mendakwahi dirinya sendiri agar bisa melaksanakan perintah dan menjauhi larangan Allah subhanhu wa ta'alla.

Wisata religi yang di ikuti sekitar dua ratus dua puluh santri dan wali santri ini berjalan dengan khidmat dan selesai dengan selamat dari berangkat hingga pulang dan tidak ada kendala di jalan.

Jurnalis : Herli Yanto

No comments

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.