Header Ads

Jelang Pencoblosan, PANWAS Konawe Minta PLN dan BPBD Jaga Kondusifitas Pemilu


SundaPos.Com | Menjelang Hari Pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak yang jatuh pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang, Panitia Pengawas Pemilu (PANWAS) Kabupaten Konawe meminta beberapa instansi terkait untuk memaksimalkan perannya demi terselenggaranya pemilu yang aman damai agar masyarakat dapat menyalurkan hak pilihnya dengan baik tanpa kendala apapun.

Hal tersebut diungkapkan Indra Eka Putra, SH selaku Koordinator Divisi Hukum dan Penanganan Pelanggaran Pemilu, PANWAS Kabupaten Konawe. Ia berharap tidak ada pemadaman lampu oleh PLN menjelang hari pemilihan sampai dengan penghitungan suara, karena menurutnya hal tersebut dapat mengakibatkan adanya money politik dan tidak maksimalnya pengawasan penyelenggara pemilu.

"Kami Berharap agar beberapa instansi terkait bisa mengantisipasi beberapa hal dimasa tenang ini hingga hari Hari H pencoblosan dan perhitungan suara, misalnya kpada PLN Konawe untuk dapat memastikan bahWa Listrik tidak ada pemadaman" Tulisnya melalui pesan singkat WhatsApp, senin (25/6).

Indra menegaskan bahwa hal tersebut terkait maksimalnya pengawasan penyelengga pemilu agar lebih ekstra dalam memantau persiapan pemilu sampai dengan hari pelaksanaan pencoblosan dan perhitungan suara.

"Ini terkait maksimalisasi Kinerja Penyelenggra level bawah, panwaslu khawatir pemadaman lampu itu menjadi bagian dari Grand Design paslon untuk melakukan Money Politik atau biasa disebut serangan Fajar. Namun di Era sekarang bukan Hanya Serangan Fajar Yang Diwaspadai oleh Panwaslu Konawe tetapi semua Waktu baik itu serangan Fajar, Pagi2, Siang2 sore2 atau malam2 tetap Kita Awasi," ujar Mantan Ketua Umum BADKO HMI Sulawesi Tenggara ini.

Selain itu, pihaknya meminta kepada Badan Penaggunalan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Konawe untuk selalu siaga terkait kondisi cuaca dikabupaten konawe saat ini dimusim hujan, mengingat ada beberapa daerah rawan banjir. Hingga dikhawatirkan dapat menghambat masyarakat dalam menyalurkan hak pilihnya ke TPS.

"Yang kedua kepada BPBD Konawe saya kira untuk Selalu Siaga Terkait Dengan Cuaca kita hari ini yg Hujan Terus itu terkait dengan beberapa tempat yang rawan banjir apalagi jika Lokasi TPs (Balai Desa/Lapangan Sekolah) menjadi Sasaran Banjir, itu yang kita KhawatirKan," harapnya.

Terakhir, Ia meminta kepada seluruh masyarakat konawe untuk menjaga suasana pilkada dengan aman dan damai tanpa ada konflik.

"Kalau soal keamanan saya Kira Bukan hanya tanggung jawab Pihak kepolisian Dan TNI tapi Tanggung Jawab kita Semua untuk menjaganya. Mari Berdoa dan berikhtiar agar Pilkada konawe tahun ini Berjalan Baik dan Berkualitas," tutupnya. (MIP)

No comments

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.