Header Ads

Menlu Bantah Ada Negosiasi Rahasia dengan Israel


SundaPos.Com | Indonesia dan Israel saling balas terkait pengajuan visa  warga dari masing-masing dua negara. Gara-gara 53 pengajuan visa warga negara Indonesia oleh Israel hal sama dilakukan oleh pemerintah Indonesia terharap WN Israel yang hendak masuk ke Indonesia

“Masing-masing negara mempunyai kewenangan dan merupakan kedaulatan negara tersebut untuk menerima visa atau menolak visa negara lain,” kata Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) Yasonna Hamonangan Laoly, Jumat (1/6/2018).

Yasonna menyebut, pemerintah Indonesia mempunyai kewenangan yang sama untuk dapat menolak visa warga Israel. “Kita juga punya kewenangan untuk mempunyai hal yang sama dengan menerima atau menolak visa. Itu keputusan clearing house,” ujarnya.

Politisi PDI Perjuangan ini juga meluruskan informasi yang beredar beberapa tahun terakhir terkait dengan pertemuan rahasia antara Indonesia dengan Israel. Pertemuan disebut-sebut  dalam rangka membahas hubungan diplomatik kedua negara.

“Kita tidak punya hubungan diplomatik dengan mereka (Israel),” ucap dia.

Terkait hal ini, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menegaskan, Indonesia tidak punya hubungan diplomatik dengan Israel.

“Beredar berita bahwa sejak 2016 ada negosiasi rahasia yang mengatakan memulai membahas masalah hubungan diplomatik atau bebas visa, saya ingin menegaskan bahwa hal tersebut tidak benar,” kata Retno.





No comments

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.