B

Terbaru

7/recent/ticker-posts

Tia Fitriani Momentum Hari Pendidikan Nasional tahun 2024 meningkatkan semangat dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

 



 

Bandung, Sundapos.com -Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Dra. hj. Tia Fitriani mengucapkan selamat Hari Pendidikan Nasional tahun 2024, dan Apresiasi Peran Guru Dalam Mencerdaskan Bangsa.

Hari Pendidikan Nasional 2024 menjadi momen spesial untuk menghargai jasa para pejuang pendidikan dan meningkatkan semangat dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Politisi perempuan dari partai Nasdem Jabar itu mengatakan penetapan tanggal 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional berasal dari tanggal lahir Ki Hajar Dewantara sebagai Bapak Pendidikan Nasional Indonesia.
Hal tersebut tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 316 tahun 1959 pada tanggal 16 Desember 1959.

Tia Mengatakan, “Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap tahunnya di Indonesia untuk menghargai pentingnya peran pendidikan dan seluruh instrumennya, terutama para guru”,ujarnya.

“Terima kasih para pahlawan pendidikan, pada bapak dan ibu guru yang telah mengabdikan diri menjadi lentera untuk mencerdaskan bangsa,” kata Tia Fitriani, Kamis (2/5/2024).

“Ki Hajar Dewantara ini merupakan Bapak Pendidikan Nasional, beliau aktif memperjuangkan kemerdekaan dan pendidikan lewat berbagai organisasi, termasuk Boedi Oetomo, Indische Partij, dan Perguruan Taman Siswa”,ujarnya.

Ki Hajar Dewantara, lanjutnya, bersama kedua rekannya, Douwess Dekker dan Cipto Mangunkusumo, mendirikan sebuah perguruan bercorak nasional di Yogyakarta.


Perguruan tersebut bernama Nationaal Onderwijs Institut Taman Siswa atau yang biasa disebut sebagai Sekolah Taman Siswa.

“Peran Ki Hajar Dewantara dalam dunia pendidikan semakin nyata ketika ia diangkatnya sebagai Menteri Pendidikan Indonesia yang pertama di masa pemerintahan Soekarno,” jelas Politisi Fraksi Nasdem ini.

Posting Komentar

0 Komentar